Friday, May 27, 2016

Laporan Prakerin

MELAKUKAN PERBAIKAN SISTEM REM TROMOL PADA MOBIL MITSHUBISHI
PS 100 TAHUN 2004
DI BENGKEL SAMA JAYA MOTOR
MEWEK


Hasil gambar untuk smk ypt 1 purbalingga
Laporan Praktek Kerja Lapangan
Dianjurkan Untuk Memenuhi Tugas Intrakurikuler
SMK YPT I Purbalingga
Tahun Ajaran 2015/2016

Disusun Oleh :
Nama               : 
NIS                  : 
Kelas                : 
Prog. Keahlian  : Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI PURBALINGGA
SMK YPT I PURBALINGGA
Terakreditas “A”

JL. May Jend Sungkono KM. 3 Telp/Fax (0821) 891614
PURBALINGGA 53371
2016



PENGESAHAN

Laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) bengkel yang berjudul “ Memperbaiki Sistem Rem Tromol Pada Mobil T 120 SS Tahun 2014” di bengkel SAMA JAYA MOTOR. Ini telah di setujui dan di sahkan pada :

Hari                 :
Tanggal            :
Sekolah           :

Purbalingga,               2016

Mengetahui

  Ketua Program Keahlian TKR                                              Guru Pembimbing Program

Bayu Prasetyo Spd                                                        Angger Reda Tama. Spd


Mengetahui
Ketua Program Keahlian TKR

Bayu Prasetyo Spd

MOTO

-          Beranilah untuk kebenaran dan keadilan
-          Dunia adalah panggung sandiwara
-          Kebodohan tidak dapat menyelesaikan masalah
-          Tiada hari tanpa membaca dan belajar
-          Capailah cita-citamu setinggi langit
-          Kesuksesan berawal dari kemampuan yang kuat
-          Keberhasilan itu untuk orang yang tekun
-          Ridho Alloh itu ridho orang tua
-          Tiada suatu hal yang mustahil














PERSEMBAHAN

  1. Laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) ini penulis mempersembahkan kepada :
  2.  Alloh SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada penulis, sehingga laporan ini bisa terbentuk
      3.    Kedua orang tua yang telah memberikan do’a restunya
      4. Bapak jiran selaku pemilik bengkel
      5. Teman-teman SMK YPT I Purbalingga
      6.  Bapak/Ibu Guru serta selaku staf karyawan SMK YPT I Purbalingga
      7.  Pada pembaca yang beriman
      8.  Dan semua pihak yang telah mendukung selama pelaksanaan prakerin dan pada saat pembuatan                   laporan.













KATA PENGANTAR

Puji syukur dipanjatkan atas kehadirat Alloh SWT atas segala limpah rahmat dan hidayahnya yang di limpahkan kepada penulis. Sehingga penulis dapat menyusun laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) ini dengan lancer dan baik guna untuk melengkapi tugas intrakurikuler SMK YPT I Purbalingga.
Laporan ini tidak akan terbuat tanpa adanya bantuan dan dukungan dari beberapa pihak dari dalam maupun luar sekolah. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1.      Drs. Saryono selaku kepala sekolah SMK YPT I Purbalingga
2.      .................................................................   Selaku ketua panitia pelaksanaan prakerin
3.      ..................................................................   Selaku ketua program keahlian
4.     ...................................................................   Selaku pembimbing dalam penyusunan laporan prakerin ini
5.      ..................................................................   Selaku wali kelas XI TKR 7
6.       Bapak Jiran selaku pimpinan bengkel.

Demikian laporan ini saya buat, semoga apa yang saya buatkan dalam laporan  ini dapat menambahkan ilmu kita semua.



Purbalingga,                      2016

        Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN………………………………………………………….i
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………ii
MOTTO……………………………………………………………………….iii
PERSEMBAHAN………………………………………………………….….iv
KATA PENGANTAR………………………………………………………....v
DAFTAR ISI………………………………………………………………..…vi
DAFTAR GAMBAR…………………………………………………….........vii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Tujuan Prakerin…………………………………………………………….…..1
B.     Tujuan Penulisan Laporan…………………………………………………....…1
C.     Alasan Pemilihan Judul…………………………………………………….……1
D.    Alasan Pemilihan Tempat Prakerin………………………………………………2
E.     Metode Pengumpulan Data…………………………………………………......2
F.      Pembahasan Masalah…………………………………………………………..2
G.    Sistematika Laporan………………………………………………………….…2

BAB II URAIAN UMUM
A.    Sejarah Berdirinya Bengkel…………………………………………………..….5
B.     Managemen Bengkel…………………………………………………………….5
C.     Inventarisasi Alat………………………………………………………………...5
D.    Denah Bengkel dan Lokasi Bengkel……………………………………..……….6
E.     Denah Ruang Bengkel……………………………………………………….…..7
F.      Keselamatan Kerja……………………………………………………………...7
BAB III MEMPERBAIKI SISTEM REM PADA BIS TAHUN 2004
A.    Landasan Teori…………………………………………………………….……8
B.     Data Teknik………………………………………………………………..……9
C.     Perlengkapan Kerja…………………………………………………………….12
D.    Keselamatan Kerja……………………………………………………………..13
E.     Proses Kerja………………………………………………………………...….13
F.      Kesimpulan………………………………………………………….…….……16

BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan………………………………………………………………...…...17
B.     Saran-saran…………………………………………………………………..…17
C.     Daftar Pustaka…………………………………………………………….……18
D.    Lampiran…………………………………………………………………….….19












DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Denah Lokasi Bengkel………………………………………….…………..
Gambar 2.2 Denah Ruang Kerja…………………………………………………..……..
Gambar 3.1 Rem Hidrolis………………………………………………………..………
Gambar 3.2 Model Leading Trailing…………………………………………….………
Gambar 3.3 Model Two Leading……………………………………………….…….….
Gambar 3.4 Model Dual Two Leading……………………………………………...……
Gambar 3.5 Model Uni Servo…………………………………………………..….……..
Gambar 4.1 Model Dua Servo………………………………………………………....….













BAB I
PENDAHULUAN
Dengan adanya prakerin, penulis dapat menerima pengalaman kerja yang nyata diarea industri dengan prakerin penulis mengenal lebih jelas mengenai peralatan dan komponen-komponen mesin seperti apa yang pernah penulis terima di dalam sekolah dan di dunia industry, sehingga penulis dapat menerima ilmu dan keterampilan dalam praktek untuk di terapkan di dunia usaha, terutama di bidang teknik.
A.    Tujuan Prakerin
Prakerin bertujuan untuk memperkenalkan dunia industri yang sebenarnya kepada pelaksanaan prakerin. Sehingga setelah penulis selesai sekolah, dapat mencari pekerjaan  seperti yang di contohkan oleh pekerja  bengkel. Selain untuk memantapkan keterampilan penulis dalam dunia industry, serta meluruskan pandangan penulis dalam jenis-jenis kerja.
B.     Tujuan Penulisan Laporan
1.      Tujuan Umum
·         Memenuhi syarat kenalkan kerja
2.      Tujuan Khusus
·         Memenuhi kurikulum SMK YPT I Purbalingga
·         Memberikan pengalaman kepada siswa yang menyangkut aspek-aspek usaha dalam dunia bisnis.
·         Meningkatkan, memperluas dan memanfaatkan keterampilan yang di peroleh
      di sekolah.
C.     Alasan Pemilihan Judul
Ada beberapa alas an dalam pemilihan judul, antara lain :
1.      Penulis memilih judul “Memperbaiki Sistem Rem Tromol” karena selama prakerin, penulis sering menjumpai system rem.
2.      Penulis memilih judul “Melakukan Perbaikan Sistem Rem” karena penulis ingin memperdalam lagi pengetahuan tentang perbaikan rem.



D.    Alasan Pemilihan Tempat Prakerin
Dalam melaksanakan prakerin, penulis mengambil obyek bengkel “SAMA JAYA MOTOR” karena mengingat beberapa pertimbangan yaitu :
1.      Bengkel “SAMA JAYA MOTOR” merupakan tempat  tempat yang biasa di gunakan untuk prakerin (Praktek Kerja Industri)
2.      Mekanik atau montir, sudah berpengalaman di bidang otomotif.
3.      Bengkel “SAMA JAYA MOTOR” berada di tempat strategis dan mudah di jangkau oleh pelanggan.
4.      Bengkel “SAMA JAYA MOTOR” berada di tempat yang dekat dengan rumah penulis, sehingga menghemat transportasi.
E.     Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusuna laporan prakerin, penulis menggunakan beberapa metode yang dapat membantu terbentuknya laporan ini. Adapun metode yang digunakan penulis adalah :
1.      Metode Interview
Yaitu suatu teknik/metode bertukar pendapat dan pikiran secara langsung.
2.      Metode Praktek Langsung
Yaitu suatu metode dimana penulis mengadakan praktek secara langsung agar mengetahui bagian-bagian yang di perlukan untuk menyusun sebuah laporan dengan penyelesaian-penyelesaian suatu masalah yang akan memudahkan penulis dalam menyusun laporan.
3.      Metode Literatur
Yaitu suatu metode yang di ambil penulis dengan cara meminjam buku-buku yang berkaitan dengan seputar otomotif yang dapat di peroleh dari bengkel tersebut.
F.      Pembatasan Masalah
Dalam menyusun laporan, masalah perlu di batasi. Hal tersebut agar pembaca fokus pada suatu permasalahan saja.
G.    Sistematika
Dalam menyusun laporan ini saya menggunakan trap-trap bab untuk menjelaskan secara rinci.



1.      Bab I Pendahuluan.
Menjelaskan mengenai latar belakang prakerin, tujuan praktek, tujuan pembuatan laporan, alas an pemilihan judul, alasan pemilihan tempat prakerin, metode pengumpulan data, dan pembatasan masalah. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyelesaikan laporan mengapa perlu di buat.
2.      Bab II Uraian Umum Bengkel
Menjelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bengkel, inventaris alat, lokasi bengkel, denah bengkel, keselamatan kerja.
3.      Bab III Uraian Pelaksanaan Prakerin
Dalam bab ini berisi tentang penguraian kegiatan dimana penulis terjun langsung kedunia industry sebagai mekanik bengkel, kerusakan pada mobil, serta dapat memperbaiki dengan baik.
4.      Bab IV Penutup
Dalam bab ini, penulis memberikan kesimpulan mengenai isi laporan serta memberikan saran untuk sekolah  dan bengkel, serta berisi daftar pustaka.



















BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN BENGKEL

A.    Sejarah berdirinya bengkel “SAMA JAYA MOTOR”.
Tujuan saya mendirikan bengkel yaitu untuk mencari nafkah atau untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan untuk membiayai anak sekolah juga. Untuk mengeluarkan keahlian saya dalam bidang perbaikan permesinan dan juga untuk menbantu orang yang sedang ada masalah pada kendaraan.
Pendiri bengkel “SAMA JAYA MOTOR” yaitu saya sendiri (Jingga Wati) awal tahun 1983 pada awalnya bengkel “SAMA JAYA MOTOR” ini hanya menjual perkakas lalu seiring berjalannya waktu dan adanya perintah dari pelanggan untuk memperbaiki kendaraan maka pemilik perusahaan membuka bengkel dan jadilah bengkel “SAMA JAYA MOTOR”.





















A.    Manajement
 




                                                                                                  
Gambar 2.1 Management Bengkel
Keterangan :
1. Pimpinan dan pemilik bengkel    :   Ibu Jingga Wati
2. Mekanik Mesin                            :   Pak Jiran mekanik I
                                                              Mas Khamidi mekanik 2
3. Karyawan                                     :   Udin
                                                              Erwin
                                                              Dwi
B.     Inventarisasi Alat.
             Bengkel “SAMA JAYA MOTOR” merupakan bengkel yang cukup kumplit, inventarisasi alatnya ini terbukti saat saya melihat alat-alatnya :
NO
NAMA ALAT
JUMLAH
1
Alat Bor
1 Unit
2
Mesin Gerendra
1 Unit
3
Dongkrak Hidrolik
1 Unit
4
Dongkrak Buaya
1 Unit
5
Jack Stand
4 Buah
6
Kompresor
1 Unit
7
Gergaji Besi
1 Unit
8
Pahat Besi
6 Buah
9
Palu Besi
7 Buah
10
Tang
14 Buah
11
Solder
3 Buah
12
Kunci Pas
1  Set
13
Kunci Ring
1  Set
14
Kunci Sock
1 Set
15
Kunci Roda
3 Buah
16
Kunci Busi
4 Set
17
Kunci L
2 Set
18
Kunci (-)
5 Buah
19
Kunci (+)
5 Buah
20
Roler
2 Buah
21
Jangka Sorong
2 Buah
22
Scenner
1 Buah
23
Kater
2 Buah
24
Tang Lancip
3 Buah
25
Dongkrak Bata
1 Buah

C.     Denah Lokasi Bengkel
Gambar 2.1
   Lokasi Bengkel
Perempatan Mewek
 



JL. S. Parman Karya Bakti                  
    Kodim
                JL. Jenderal Soedirman


                                                                                                           

D.    Denah Ruang Bengkel

 






                                                                                                                         




1.      Jam Masuk         :   08.00 WIB
2.      Jam Istirahat       :   12. 15 – 01. 00 WIB
3.      Jam Pulang         :   15. 30 WIB
4.      Jam Tertib :  - Harus menggunakan pakaian kerja, namun tetap ada pengecualian.
                     - Tidak diperbolehkan menggunakan peralatan untuk bermain-main.

E.     Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja
1.      Keselamatan Kerja
a.       Berdo’a sebelum memulai kerja
b.      Memakai Wearpack / pakaian kerja
c.       Dilarang bermain-main saat kerja
d.      Dilarang merokok di area kerja
e.       Bila sudah memakai alat di kembalikan ketempatnya
f.       Jangan sampai alat-alat tercecer ditempat sembarang
g.      Taati prosedur kerja.

BAB III
SISTEM REM TROMOL PADA MOBIL MITSUBISHI
TAHUN 2004
A.    Landasan Teori
Rem adalah suatu piranti untuk memperlambat atau menghentikan gerak roda, karena gerak roda menjadi lambat, secara otomatis gerak laju kendaraan menjadi lambat, melalui mekanisme gesekan antara komponen rem dengan roda yang berputar.Tujuan dilakukannya perbaikan rem adalah agar dapat memahami dan melakukan mulai dari pelepasan, perbaikan penyetelan dan pemasangan rem kembali berdasarkan SOP (Standart Operational Procedure).
Sistem rem pada suatu kendaraan dibedakan menjadi dua (2) macam yaitu rem cakram dan rem tromol.
1.      Rem Cakram.
Kontruksi rem cakram hamper sama dengan rem tromol dimana pada saat rem cakram, tromolnya di tiadakan dan sebagai gantinya di pasang sekeping cakram. Pada rem cakram terdapat sepatu-sepatu rem yang dilengkapi dengan pelapis sepatu rem, cara kerja re mini secara hidrolik, pengereman terjadi karena adanya gesekan antara cakram dengan pad.
             
                                       Gambar 3.1 Rem Hidrolis
-          Kelebihan dari rem cakram adalah rem secara langsung berhubungan dengan udara luar, sehingga pendinginan jauh lebih sempurna.
-          Kekurangan jenis re mini adalah mudah sekali terkena terkena kotoran debu dan lumpur.

2.      Rem Tromol.
Adalah salah satu kontruksi rem yang pengeremannya kendaraan dengan menggunakan tromol rem (drum brake), sepatu rem (brake shoses), dan silinder roda (wheel cylinder).
Ø  Kelebihan rem tromol yaitu hasil pengeremannya lebih merata pada setiap roda. Karena system hidrolik ini menggunakan minyak rem sebagai penggerak dimana kerja di dasarkan hokum pascal.
B.     Data Teknis
1.      Kerja Sistem Rem
Ketika pedal rem di injak, maka piston di dalam master silinder akan mendorong minyak rem, melalui pipa rem menuju silinder roda, didalam silinder roda minyak rem akan menekan piston dan piston akan bergerak keluar menggerakan sepatu rem keluar kemudian sepatu rem akan kembali ke posisi semula dan piston dalam silinder roda bergerak kedalam, sehingga minyak rem terdesak lagi, master silinder dan tekanan roda silinder rem dan pipa-pipa rem hilang.
2.      Komponen Rem Tromol
a.       Sepatu Rem
Kanvas terpasang pada sepatu rem dengan cara di keeling yang berfungsi menekan tekanan tromol rem pada saat kendaraan di hentikan.
b.      Tromol Rem
Berfungsi sebagai penahan putaran pada saat proses pengereman berlangsung.
c.       Silinder Roda
Terdiri dari bodi dan piston. Berfungsi untuk mendorong sepatu rem ke tromol dengan adanya tekanan hidrolik dari master silinder.
d.      Piston
Berfungsi sebagai tenaga penggerak kedua sepau rem.
e.       Pegas Pegembali
Berfungsi untuk mengembalikan sepatu rem dan piston ke posisi semula setelah melakukan pengereman.




3.      Model-model rem tromol.
Model-model tromol ada 5 macam :
a.       Model Leading Trailing
                       
                                                                            Gambar 3. 2

b.      Model Two Leading

                                         
                                                                          Gambar 3. 3


             
d.      Model Uni Servo
                                                    
                                                                                     Gambar 3. 5
e.       Model Dua Servo

                                                     
                                                              Gambar 4. 1











C.     Alat-alat Kerja (Perlengkapan kerja)
1.      Alat
1.      Kunci roda
2.      Dongkrak buaya
3.      Ganjal
4.      Jack Stand
5.      Obeng (-) / (+)
6.      Tang lancip/biasa
7.      Palu karet
8.      Kunci neeple
2.      Bahan
1.      Minyak rem
2.      Kampas rem
3.      Seal
4.      Selang bening/botol bening
5.      Amplas
6.      Kendaraan yang akan di perbaiki/service.











D.    Keselamatan Kerja
1.      Memakai Wearpack
2.      Tidak boleh bercanda saat bekerja
3.      Tidak meletakan benda dan kunci/alat sembarangan tempat.
4.      Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya
5.      Mentaati tata tertib dan prosedur kerja.

E.     Proses Kerja

1.      Gejala Kerusakan
Untuk mengetahui dari system rem dapat di perhatikan dari hal-hal sebagai berikut :
a.       Menanyakan langsung kepada pemilik mobil.
b.      Pedal rem yang rendah dan ringan , yang disebabkan oleh kebocoran pada master silinder rem dan tipisnya kanvas rem.
c.       Rem menarik, disebabkan oleh penyetelan rem yang tidak merata
d.      Rem bergetar, disebabkan oleh silinder roda master atau pipa rem tergencet.

2.      Analisa Kerja
Mobil yang biasanya menggunakan system rem tromol, kerusakan biasanya hanya terjadi pada tipisnya kanvas rem, selain itu bias juga terjadi karena kebocoran pada cylinder roda yaitu karet prapat.

3.      Pembongkaran
Adapun prosedur pembongkaran :
a.       Ganjal roda depan terlebih dahulu, lalu kendorkan semua baut menggunakan kunci roda.
b.      Dongkrak chasis belakang bagian bawah tengah sampai mengambang.
c.       Pasang jack stand pada masing-masing lengan roda belakang kanan, kiri dan tinggi jack stand harus sama.
d.      Melepas baut pelk roda.
e.       Melepas roda dan letakan roda di bawah tengah, roda dengan posisi muka di luar menghadap ke atas.
f.       Melepas tromol rem kemudian di bersihkan tromolnya menggunakan kain lap, bila perlu dengan air.
g.      Melepas pegas pengembali dengan obeng (-)
h.      Melepas pengunci sepatu rem dengan tang.
i.        Melepas sepatu rem.
j.        Melepas karet perepat dan piston silinder roda dengan menekan pedal rem.

4.      Perbaikan
Perbaikan biasanya hanya dilakukan pada komponen yang rusak atau sudah tidak berfungsi lagi. Bila hanya dilakukan perbaikan satu atau bahkan menggantinya dengan yang baru tergantung seberapa parah yang rusak.

5.      Pemasangan.
a.       Memasang piston silinder roda dan terlebih dahulu pada piston dan silinder roda, jika berkarat, amplas sampai halus.
b.      Memasang karet prapat silinder roda. Setelah dipasang di cek terlebih dahulu, masih ada kebocoran atau tidak.
c.       Apabila sudah tidak ada kebocoran pada wheel cylinder, selanjutnya memasang kembali komponen lever band brake dan kabel hand brake pada brake shoes.
d.      Memasang pegas pengembali dengan obeng (-) dan memasang auto adjuster
                                                          

e.       Setelah semua terpasang tinggal mengatur peregangan jarak liming kedua brake shoes sampai lebih kecil kurang/lebih 1mm dari diameter dalam tromol.
Contoh : Dengan memutar auto adjuster dengan obeng min (-) jika perlu menggunakan jangka sorong.
f.       Aapbila pemasangan komponen dalam tromol sudah benar maka memasang tromol kembali. Selanjutnya mengecek fungsi hand rem kemudian memutar tromol ke kanan/kiri apabila sudah tidak bergerak maka sudah benar.
g.      Mengembalikan handle rem pada posisi bebas, selanjutnya mengecek fungsi hidrolik dengan cara satu orang menginjak pedal rem dan satu orang lagi memutar tromol kekanan/kekiri. Apabila tromol sudah tidak bergerak, maka sudah benar. Jangan lupa mengecek rem saat bebas bila perlu lakukan bleeding untuk mengeluarkan udara dari system hidrolik rem.
h.      Jika semua sudah benar. Maka pasang kembali tromol rem.
i.        Pasang kembali pelek roda, kemudian pasang semua baut pelek roda.
j.        Setelah semua baut terpasang, angkat kembali dongkrak tersebut dan lepas jack stand yang terpasang di lengan sasis belakang kendaraan dan turunkan dongkrak kembali secara perlahan.
k.      Mengencangkan baut roda secukupnya menggunakan kunci roda.

6.      Uji Coba.
Sebelumnya, jangan lupa melakukan test drive untuk uji coba mengecek system rem dan laju kendaraan.
a). Uji coba bias dilakukan pengetesan dalam keadaan diam dengan cara menekan pedal rem sampai agak keras pada reservoir minyak terlihat bergerak bersama dengan pedal rem yang di injak.
b). Pengetesan dalam keadaan berjalan, kendaraan berjalan agak cepat di lakukan pengereman secara tiba-tiba, hal ini bertujuan untuk mengetahui efek dari masing-masing roda.




       F.  Kesimpulan.
Rem adalah suatu piranti yang berfungsi untuk memperlambat gerak roda pada saat kendaraan berjalan. Jika pengereman tidak bekerja, biasanya penyebabnya adalah kebocoran pada silinder roda dan tipisnya kanvas rem. Untuk itu rem sangat penting bagi keselamatan pengemudi.




























BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dengan pelaksanaannya praktek kerja industry di bengkel “SANA JAYA MOTOR” maka saya menyimpulkan bahwa :
a.       Bengkel “SANA JAYA MOTOR” adalah bengkel yang tidak ada hari yang kosong sehingga akan menambah wawasan dan pengalaman bagi pelaksanaan prakerin.
b.      Prakerin juga di dukung dengan fasilitas memadai.
c.       Bengkel “SANA JAYA MOTOR” adalah bengkel yang cukup baik untuk prakerin, karena bengkel ini terus ada pekerjaan dan menangani segala bidangnya.
d.      Saya mendapati wawasan di dunia kerja dan dapat belajar tata cara membuat laporan.

B.     Saran-saran.
1.      Saran Untuk Bengkel.
a.       Tingkatkan hubungan timbale balik dengan peserta prakerin.
b.      Mutu dan kualitas yang sudah baik, hendaknya dipertambah lagi.
c.       Diciptakan lingkungan yang tertib, bersih dan utamakan keselamatan kerja.
d.      Lengkapilah fasilitas dan perlengkapan bengkel.

2.      Saran Untuk Sekolah.
a.       Mohon di perpanjang waktu kami dalam prakerin agar dapat menjiwai dan mantap dengan tujuan industri.
b.      Terus bombing siswa dalam pengetahuan teknik kendaraan ringan agar siswa dapat mempunyai kunci-kunci dasar dalam bidang otomotif.




DAFTAR PUSTAKA

Drs. Solihin, Mulyadi, perbaikan chassis dan pemindah, Tenaga, Armicd Jakarta 1999
Diagnosic Teknik Mesin, New York NLC Growrill Company 1972
Panduan Teknik Mesin, kawan pustaka, Yogyakarta 2004 John Son James, Al, Automotive.





























LAMPIRAN

A.    MITSHUBISHI PS 100
·         Mesin :
Kapasitas mesin              : 1460 cc
Tipe mesin                      : 4615, 4 cylinder, 12 katup, 5 stroke, OHV
Torsi                               : 120 NM
Bahan bakar                   : Solar

·         Kinerja Mobil
Akselerasi :
Kepadatan maximum     :
Konsumsi bahan bakar   :

·         Data Teknis Lainnya      :
Transmisi                       : Manual 5 kecepatan
Sistem penggerak          : FR

·         Ukuran Tipe                  :
Tipe kendaraan              : Komersial
Dimensi CLXWXH      : (3940X1680X1905)
Jarak sumbu                  : 1970 mm
Berat kosong                 : 1280 kg
Kapasitas tangki            : 45 liter

·         Rem
Depan                            : Tromol

Belakang                       : Tromol

No comments:

Post a Comment